Laman

Kamis, 22 September 2011

Triwindu

TRIWINDU.....
"Tempat Sampah" pada posisi terhormat.

Setelah hampir 15 tahun aku mengenal kota Solo, liburan lebaran tahun ini adalah kunjungan pertamaku di pasar Triwindu. Sebuah tempat yang ternyata menyimpan  begitu banyak sejarah dan kenangan bagi banyak orang. Dan mungkin sebuah "tempat sampah", bagi sebagian orang lainnya (tergantung bagaimana sudut pandang kita). Pasar Triwindu merupakan “thrift market” yang unik, dengan menjual berbagai barang-barang kuno dan memoribilia, membawa kita kepada kehidupan pada masa lalu.


Menyusuri lorong demi lorong, kios demi kios ditengah pasar ini membuat aku tersadar, betapa sesuatu yang selama ini aku anggap kecil dan tidak berarti, bisa menjadi sesuatu yang sangat berarti ditangan mereka. Satu demi satu barang yang aku lihat memberikan banyak ide segar yang dengan sangat mudah dapat aku aplikasikan untuk mempercantik ruangan-ruangan dirumah kecilku..... Bergegas tanganku memilih satu demi satu barang yang tertata rapi dilapak mereka.

Pulang dari triwindu, tujuan utamaku adalah rumah ibuku, dengan segera aku mulai berburu barang "antik" yang ada dirumah masa kecilku itu, untuk melengkapi perburuan di pasar Triwindu.

Dari hasil perburuan kecil itu akhirnya aku dapat temukan "sampah-sampah" yang teronggok disudut rumah ibu untuk aku bawa pulang dan kugunakan mempercantik rumah kecilku....
Jadilah kain-kain batik koleksi ibu hiasan dinding yang menempel manis menghiasi dinding ruang tamu. Setrika saat aku masih ingusan, hiasan dimeja tamu..... Triwindu, berjuta kenangan yang kau simpan dilorong-lorong pasarmu, kini aku simpan dirumah kecilku.





3 komentar:

  1. pengalaman di "tempat sampah"(pasar triwindu) orang yg datang memberikan aroma yg wangi, bermacam-macam parfum tercium di sana, dan begitu mewah dan keren para "pemulung" yang datang di sana...................nggak percaya.....coba datang pas liburan lebaran(mudik).........solo spirit of java............

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus