Laman

Selasa, 06 Maret 2012

TIRAI

Sebagai salah satu jenis yang bisa diaplikasikan dengan soft furnishing, Tirai memiliki peranan penting dalam menentukan kualitas dan karakter ruang.
Masih belum paham dengan bahasan soft furnishing? Saya akan coba memberikan sedikit gambaran awal dengan  berbagai variasi bahan yang gampang diaplikasikan dalam keseharian.

Bicara mengenai tirai, kita pasti sepakat bahwa tirai mempunyai peranan dominan dalam menentukan karakter dan kualitas ruangan sebagai bagian dalam sebuah hunian. Tirai berguna melindungi bagian dalam ruangan dari terpaan sinar matahari secara langsung yang berlebihan. Tirai juga mempunyai fungsi sebagai pembentuk privacy ruang, sebagai pelindung ruangan agar tidak terlihat secara langsung dari luar.

 
Karena fungsinya, model dan jenis bahan menjadi satu hal yang utama ketika kita akan menentukan seperti apa karakter ruang yang akan ditampilkan. Hal itu biasanya disesuaikan pula dengan jenis/model dan ukuran bukaan jendela. 

Apapun pilihan yang akan kita jatuhkan ada beberapa acuan dasar yang bisa digunakan saat memilih bahan tirai, antara lain :
  • Sebelum memilih bahan, tentukan terlebih dahulu karakter ruang yang akan ditampilkan. seperti contoh ruang tamu yang tampil elegan akan cocok dengan aneka pilihan bahan yang tebal dengan warna-warna soft seperti putih, krem
  • Saat menentukan membeli bahan tirai, pertimbangkan perawatannya
  • Sebelum membeli, ukur terlebih dahulu bukaan yang akan dipasang tirai, sehingga pas tampilannya
  • Buat jadwal perawatan dan pencucian yang rutin 
Dalam menentukan pilihan tirai, padu padan tekstur bahan akan menampilkan suasana rustic yang kental. Jangan ragu memadupadankan tekstur yang kontras,bahan halus dengan bahan kasar, mengkilap dengan matt dll. Kekontrasan justru akan membuat suasana semakin hidup. Demikian juga dengan pilihan warna. padu padan warna akan tampil menarik dan membuat suasana hidup jika kita mampu menempatkannya pada ruangan yang tepat. Warna-warna cerah akan semakin menarik dipadu padan dengan kotak pola geometris yang dapat membuat ruang tidur anak tampil semakin ceria. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar