Laman

Sabtu, 03 Maret 2012

SOFT FURNISHING

Soft furnishing.
Masih sedikit aneh ditelinga? Belum akrab atau belum terlalu banyak tau dengan istilah ini ?
Mari kita coba buka wawasan mengenai yang satu ini.
Dari tatabahasa, soft furnishing berarti sesuatu yang terbuat dari bahan berserat yang berfungsi menutupi, melapisi, memperindah dan atau mempermanis tampilan baik furniture maupun elemen interior bangunan yang lainnya. Banyak dari kita seringkali merasa cepat bosan dengan tampilan furniture dan interior kita yang begitu-begitu saja. Nah...dari sifat manusiawi yang inilah, soft furnishing berkembang, sebagai salah satu cara mengatasi keinginan manusia untuk selalu merubah atau memperbaharui tampilan furniture dan interior bangunan, tanpa mengeluarkan biaya yang terlampau besar.
Sebagai teknik menutup dan melapis furniture, soft furnishing dapat diaplikasikan dalam berbagai perabotan rumah, antara lain:
  1. Penutup kursi
  2. Tirai/gorden
  3. Karpet
  4. Sarung bantal
  5. Wallpaper
  6. Bed linen atau bahasa sehari-harinya seprai, termasuk soft furnishing yang masuk dalam kategori daily use.
  7. Top table (table covering)
  8. Kap lampu
  9. Serta asesoris lainnya seperti kelambu, bingkai foto, keranjang cucian,placemate (alas piring dimeja makan),serta berbagai kotak penyimpanan 





Penasaran dan bertanya-tanya dengan apa sebenarnya tujuan soft furnishing? Pada sebagaian orang soft furnishing bisa berarti salah satu upaya untuk membuat tampilan menjadi baru dan berbeda. Tetapi banyak juga orang yang mengganggap soft furnishing sebagai upaya untuk menjaga kebersihan perabot, pelindung/pelapis,serta pembentuk gaya.

Berbagai ragam bahan dapat diaplikasikan dalam penggunaan soft furnishing. Mulai dari aneka kain katun, poliester, sutra, beludru, berbagai jenis serat alam (ayaman pandan, ayaman sisal/agave sisalana, sabut kelapa, enceng gondok, mendong, serat nans, serat pisang), serta berbagai macam bahan kulit dan kulit sintetis. Tidak ada batasan dalam kreasi memadu padankan bahan. Yang terpenting adalah sesuai dengan tema dan tampilan yang kita inginkan.
Jika kita telah menetapkan pilihan menggunakan bahan soft furnishing tertentu, cermati dan pahami aturan perawatannya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar